Laman

Cara membatasi Bandwitdh Tanpa Software

Berbagi koneksi internet atau Internet Connection Sharing adalah sesuatu yang sudah umum dilakukan. Namun membagi koneksi internet ke beberapa komputer jelas menurunkan bandwidth yang kita terima dari Internet Service Provider (ISP) jika beberapa user secara bersamaan mengakses internet.

Apalagi jika seorang user sedang mendownload file yang cukup besar. Misalkan sebuah film berdurasi 2 jam yang besarnya kira-kira 2 GB. Coba bayangkan jika satu koneksi internet kita bagi ke 5 PC bahkan sampai dengan 25 PC dan semua pengguna PC tersebut sedang mendownload file yang besarnya lebih dari 1GB bisa sangat lambat koneksi internet kita. Untuk itu, rasanya wajib bagi anda untuk membatasi bandwith koneksi internet pada setiap komputer.


Untuk membatasi bandwith koneksi internet, lazimnya kita menggunakan sebuah software bandwidth management yang mungkin tidak gratis dan harus bayar mahal. Namun ada sebuah cara membatasi bandwidth koneksi internet  di komputer kita yang dilakukan secara manual. Berikut langkah-langkahnya :

  • Klik Start »» Run dan ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  • Pada jendela sisi sebelah kiri pilih Computer Configuration »» Administrative Template »» Network »» Qos Packet Scheduler.

  • Kemudian di sisi jendela sebelah kanan Limit Reservable Bandwidth ada tulisan "Not configured" di klik 2 kali sampai muncul tulisa "Enabled"


  • Pada jendela Limit Reservable Bandwidth tandai option Enable dan set Bandwidth limit menjadi 50% atau tergantung jumlah nilai yang Anda inginkan. Semakin besar nilai yang Anda set maka semakin kecil bandwidth yang bisa digunakan komputer tersebut


  • Setelah setting selesai click tombol OK dan tutup jendela Group Policy.


Agar settingan berpengaruh restart komputer. Kemudian cobalah untuk melakukan test terhadap kecepatan koneksi internet pada komputer tersebut. Jika Anda rasa masih kurang sesuai maka, rubah ulang settingan dengan mengikuti langkah-langkah seperti di atas. Setelah settingan sesuai, setting juga komputer-komputer lainnya pada jaringan dengan setting yang sama atau setting yang berbeda pada Bandwidth Limit.

Sekian selamat mencoba semoga berhasil. 

1 komentar:

Arya.katan mengatakan...

kalau yang standard utk wrnet biasanya di setting brp ya Gan?aq pnya 7 kbu... tlong dibntu ya gan...soalnya aq msh newbie ne.
share lwt emailku arya.katan@gmail.com

Poskan Komentar