Laman

Penyebab Komputer Restart Sendiri


Komputer sering restart sendiri banyak penyebabnya, baik itu penyebab secara hardware maupun secara software. Memang kadang kita susah mendetaksi dari mana penyebab dari restart tersebut, karena kita belum memahami secara maksimal komputer yang kita miliki.

Tetapi mudah-mudahan setelah saya sedikit sharing tentang penyebab komputer sering restart disini, kita semua akan terbantu dalam mencari penyebab komputer sering restart sendiri.
Berikut beberapa penyebab utama komputer restart sendiri :

  1. Power Supply (PSU )
    Power supply merupakan alat pada komputer yang berfungsi untuk menyalurkan listrik pada komponen lain dalam sebuah komputer , pengalaman saya – sebuah power supply standard ( bawaan casing) atau power supply low end yang harganya kisaran 100 ribuan. Sangat rentan untuk jebol, ketika tegangan listrik tidak stabil. Sepertinya bukan rahasia umum kalau listrik dimana-mana memang kadang-kadang tidak stabil. Walaupun sudah diberi stabilizer ( stabilizer standard ) terkadang masih juga restart sendiri .
  1. Fan / Kipas processor
    Kipas komputer, walaupun bentuknya sederhana namun sangat vital fungsinya untuk sebuah sistem komputer. Fungsinya adalah membuang hawa panas yang diserap oleh heat sink dari processor.
    bagaimana jika kipas ini mati , atau rusak ( sangat lambat berputar ) secara logika pasti tidak mampu menyerap panas yang berakibat pada meningkatnya suhu pada processor yang bisa membuat sebuah komputer tidak bisa loading , hang dan restart restart terus . Untuk itu cek fan pc kamu, secara manual bisa mengecek dengan membuka casing pc dan cek apakah fan processor masih berputar, jika masih berputar cek apakah putarannya masih kencang atau tidak.
  2. Virus
    Virus merupakan salah satu penyebab kenapa sebuah komputer bisa restart sendiri , biasanya ketika saya tidak menemukan masalah pada psu dan juga fan speed . Ketika sebuah pc masih saja restart sendiri adalah karena virus, langkah pertama adalah bersikan komputer kamu dengan anti virus terbaru yang sudah ter update. Namun bila sudah di scan komputer masih tetap, ada kemungkinan windows nya sudah rusak. Berarti anda harus install ulang windows nya. 
 
Ke tiga masalah diatas merupakan masalah utama penyebab kenapa sebuah pc sering restart sendiri , saya sarankan untuk mengeceknya mulai dari power supply dahulu ( dengan cara mengganti psu pc yang sering restart dengan psu pc lain yang sehat ) . Ketika psu dinyatakan tidak apa-apa, baru kemudian cek fan dan terakhir cek virus di pc kamu. Semoga berguna.

0 komentar:

Poskan Komentar